Saya dan Karya Seni

Kantuk

Kantuk itu penyakit!
Ia buat perih selaput bola mata
Kelopak berupa selapis kulit pun terbuai
Tubuh hanya seonggok daging yang terkulai lemas
Hanya jantung dan paru-paru setia bekerja dan tidak mengidap

Kantuk sungguh biadab
Aku ingin membuka mata
Ia justru beri kenikmatan saat menutup mata
Dunia ini sedang berdarah, kantuk!
Kantuk abai
“Pejamkan matamu dan dunia hanya bermemaran,” bisiknya

Apakah kuasa ilahi ada padamu, Kantuk?
Aku menutup mata sejenak, bulan berganti matahari
Kesadaranku kau rebut
Lalu kau sajikan sekelebat cerita di luar kehendakku
Cerita itu bahkan samar!
Gila

Apa maumu, Kantuk?
Manusia punya satu hari untuk bersusah dan bersenang
Kenapa harus tidur?
Hanya pencuri yang bersyukur saat manusia terlelap

Katanya tumbuhan adalah makhluk hidup
Aku ingin menjadi mereka
Diam namun tidak terjamah olehmu
Memberontak
Tak ada ilusi dan omong kosongmu
Hanya bernafas dan bertumbuh

Bangsat…
Aku mulai mengantuk.

Standard

Leave a Reply

