Bicara Topik

Masukan Untuk Sutradara Metal Gear Solid Movie

Mainvisual

What makes a metal gear solid movie the true metal gear solid?

Beberapa hari yang lalu, saya membaca artikel yang membuat perasaan saya campur aduk antara lega dan kecewa. Ada yang sudah membaca artikel tentang AVI ARAD dan film adaptasi video game? Jika sudah ada yang membaca pasti tahu kalau artikel itu sempat menyinggung metal gear solid (MGS) movie.

Saya lega, karena MGS movie masih diberikan kesempatan untuk hidup di bioskop-bioskop kelak. Sayangnya, saya juga kecewa, karena film ini harus ditunda begitu lama, bahkan Avi Arad lebih mengutamakan Uncharted movie dibandingkan MGS. Menurut saya, memang Uncharted terlihat lebih mudah untuk dieksekusi lebih dulu, tapi konsep cerita dari Uncharted sendiri tidak terlalu spesial di dunia perfilman. Jika tidak dipegang oleh orang-orang hebat, film ini akan menjadi film adaptasi video game yang datar-datar saja seperti kebanyakan yang sudah-sudah. Tapi saya juga ragu apakah sutradara-sutradara beken hollywood ingin men-direct film Uncharted ini. Uncharted ini memiliki kemiripan dengan Indiana Jones, dan pasti akan dibanding-bandingkan. Memang siapa yang ingin dibandingkan dengan Steven Spielberg?   Saya juga bingung kenapa Avi Arad ingin memfilmkan Uncharted. Saya sendiri hanya bisa berpikir positif, semoga diundurnya produksi film MGS bisa menjadi pertanda bagus kalau mereka serius ingin mempersiapkan film adaptasi ini sematang mungkin.

Sambil menunggu dan berharap Avi Arad tidak mengacaukan aksi Solid Snake di layar lebar, ada baiknya kita mengambil bagian atau setidaknya, memberikan masukan kepada calon filmmaker MGS movie agar bisa membuat film MGS yang otentik. Maksudnya, film ini tidak boleh mengkhianati kita-kita sebagai die hard fan saga ini, karena kitalah, para gamer, yang harus menjadi target utama penonton film ini. Jika kita, jutaan gamer ini telah dibuat senang oleh film MGS nanti, minimal mereka bisa balik modal. Bagaimana caranya? Dengan menyertakan beberapa hal yang menjadi ciri khas dari metal gear solid. Apa saja itu? ini dia.

Disclaimer: Dalam seumur hidup saya, saya baru memainkan metal gear solid 2: Sons of Liberty dan Metal Gear Solid 3: Snake Eater. Dari sepengetahuan saya, list ini ada di hampir semua seri Metal Gear Solid.

1.       Tentu saja, Solid Snake!

the badass snake!

the badass snake!

Jagoannya tentu saja harus Solid Snake. Kenapa saya masih memasukkannya dalam list ini? ingat Resident Evil movie? Tahu jagoannya? Kehadiran Alice benar-benar merubah semua warna Resident Evil yang seharusnya ada di filmnya. Alice diceritakan memiliki kemampuan di atas manusia rata-rata, pokoknya, sangat kuat sekali. Padahal, jagoan dari Resident Evil seharusnya manusia biasa, agar terlihat begitu susah dan seramnya menumpas zombie-zombie hasil perbuatan Umbrella Corp. Akhirnya, Resident Evil movie bukan menjadi film horror, seperti video gamenya, tapi jadi film action dengan Alice yang menjadi superstarnya. Filmnya memang laku, tapi film ini mengkhianati pecinta video gamenya. Maka, Saya memasukkan Solid Snake untuk mengingatkan agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

2.       Teknologi Canggih

one man against these machine

one man against these machine

Metal Gear Solid 3 mengambil waktu tahun 1960an, berlatar belakangkan perang dingin.  Saat bermain, saya menemukan prajurit musuh sedang menaiki sebuah kendaraan seperti segway, tetapi melayang. Terbang di atas saya. Logis kah? Fuck Logic! This is Hideo Kojima Logic! Hahahaha. Sebenarnya sah-sah saja demi memberikan keseruan tersendiri bermain video game, namun saran saya tidak ada salahnya jika di filmnya diterapkan juga kecanggihan teknologi yang jauh dari masanya. For the sake of entertainment.

3.       Stealth, Sneaking, and Tactical Espionage

lebih baik mengggantung daripada menembak

lebih baik mengggantung daripada menembak

Elemen yang satu ini harus menjadi elemen utama dalam film ini. Jika sukses, gaya film laga atau action dengan mengendap-ngendap ini bisa menjadi tren baru di dunia film action. Karena film action identik dengan adegan bombastis nonstop penuh kekerasan, Solid Snake justru menghindari segala tindakan tersebut. Mungkin bisa dibuat seperti action thriller.

4.       Cerita yang twisted dan tidak rumit

iya, saya juga tidak mengerti mereka ngomong apa

iya, saya juga tidak mengerti mereka ngomong apa

Kerumitan dalam bercerita hanya milik Hideo Kojima seorang, karena dia adalah Dewa. Dewa terkadang memang suka memberikan skenario hidup yang rumit dan susah ditebak kepada kita manusia. Maka, untuk yang satu ini tidak perlu ditiru di MGS movie. Dalam segi cerita, kita hanya ingin twist nya saja, tidak perlu kerumitannya.

5.       Ada Pesan

Hideo Kojima beruntung memiliki cerita berdurasi puluhan jam untuk disusupi dengan berbagai macam pesan yang personal. Pesannya macam-macam, dan seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Dewa itu memberikan pesan yang kadang susah dipahami yang membuat cerita menjadi tambah rumit saja. Saya sendiri yakin calon sutradara MGS Movie nanti sengaja atau tidak  pasti memiliki pesannya sendiri dan akan lebih baik jika tidak mengorbankan cerita menjadi tambah rumit.

6.       The Villain

the best game!

the best game!

Di video gamenya, MGS memiliki keunikan dalam melawan bos-bosnya. Terkadang di luar batas nalar kita. Sebuah ciri khas yang bagus dan terus bertahan sampai sekarang, di era video game modern yang menjunjung tinggi permainan yang realistis. Menurut saya akan sangat keren jika bos-bos ini disajikan dengan adegan unik dan tidak melulu baku hantam yang bombastis. Contohnya, karakter The End dan Sniper Wolf yang keduanya spesialis penembak jitu. Silahkan dibayangkan adegan seperti apa yang akan disuguhkan jika Snake berhadapan dengan kedua karakter ini dalam live action movie.

7.       Metal Gear

Metal_Gear_Solid_-_Metal_Gear_REX

MGS Movie pasti akan menjadi film action. Saya sudah menyinggung bagaimana adegan action mengendap-endap bisa dicoba. Namun, bukan action sesungguhnya jika tidak ada adegan bombastis maha dahsyat yang menyilaukan mata. Untungnya, MGS memiliki Metal Gear yang bisa dijadikan pemanis untuk para pecinta film action. Metal Gear IS the big gun!

8.       Erotic Moment

EVA

Jujur saja, begitu banyak “belahan” yang bisa kita lihat dalam setiap seri MGS. Belahan dada Meryl, Eva, The Boss, Naomi, bahkan belahan pantat Raiden. Saya tidak tahu mengapa Hideo Kojima senang mengumbar adegan-adegan yang cukup erotis. Di MGS V, game MGS terbarunya, menampilkan karakter prajurit wanita yang berpakaian bikini dangan sepatu boot dan senjata, yang langunsg mengundang kontroversi. Saya berpendapat ini ada hubungannya dengan kebudayaan Jepang yang masih diskriminasi terhadap wanita. Kalian bisa cari tahu sendiri soal yang satu ini. tapi, mungkin saja Hideo Kojima memiliki filosofi lain dalam “buka-bukaan” ini. kenapa? Karena dia Dewa. Enough said

9.       Torture or Capture Scene

Revolver-ocelot-et-snake-torture-blinde

Solid Snake, Raiden dan Naked Snake (saya tidak tahu dengan Old Snake, tapi saya pernah meilhat video Old Snake yang babak belur) pernah tertangkap dan disiksa semua. Saya rasa, penangkapan dan penyiksaan ini menjadi ciri khas MGS. Kalau bisa, disertakan dalam MGS movie juga walaupun tidak perlu sampai mengorbankan cerita demi yang satu ini.

10.   Romance

hqdefault

Hampir semua cerita, dalam bentuk apapun, pasti terdapat romansa di dalamnya, tanpa terkecuali MGS.

11.   Awkward Funny Moment

mgs4_1_500

Sepertinya, lelucon aneh yang ada di MGS bukanlah kesengajaan, tapi memang selera humor orang Jepang yang seperti itu. Lelucon aneh ini bisa menjadi fan service yang bagus untuk para pecinta MGS

12.   Cardboard Box

yes!

yes!

Yep! It’s the famous cardboard box. Menurut saya, Solid Snake ini sangat tidak bisa dipisahkan dengan carboard box dan adanya cardboard box di filmnya akan membuat pecinta MGS tersenyum lebar.

13.   Keterkaitan dengan Kejadian Faktual

FxCam_1256118717663

Dunia Metal Gear Solid yang diciptakan Hideo Kojima memang terlihat sangat imajinatif dan aneh, tidak realistis. Padahal, Metal Gear Solid ini dasarnya adalah cerita fiksi ilmiah dengan segala bumbu-bumbunya. Namun, dunia yang imajinatif ini tetap bisa dinikmati karena latar belakang sampai referensi-referensinya berasal dari dunia nyata. Itulah yang membuat dunia MGS masih bisa diterima, dicerna dan terasa begitu dekat bagi kita.

14.   Snake Merokok

original

JIka nanti Snake di sepanjang film tidak merokok, maka itu bukanlah Snake yang kita kenal! Titik!

15.   Memiliki Tema Besar

10fckd5

Meme, Gene, Scene, Sense dan Revenge adalah tema utama dalam setiap  seri MGS. Tema ini yang membungkus seluruh cerita dalam setiap serinya. Kita, sebagai gamer, tidak pernah sadar tentang tema itu jika Hideo Kojima tidak membicarakannya. Apakah pemakaian tema itu sia-sia? Tentu saja tidak. Mungkin jika pembuatan cerita MGS movie berawal dari pencarian tema utamanya, bisa menjadi lebih mudah dan menjadi MGS banget. Tema utamanya dalam satu kata saja ya.

So far, baru 15 poin itu saja yang sudah saya temukan. Saya akan sangat menghargai masukan-masukan dari para pecinta MGS lainnya. Karena, saya pribadi ingin menjadi bagian dalam pembuatan MGS Movie ini. Sutradaranya mungkin. Hehehe. J

Standard

Leave a Reply

