Bicara Seni dan Segala pernak-perniknya

The clash of rich clans

Clash-of-Clans-for-iPad-5

Mobile game yang adiktif bagi mereka yang memiliki kesabaran atau kocek yang dalam

Saya sebenarnya sudah lama sekali tidak bermain video game. Setelah PS2 saya pensiun, saya pun memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia video game. Sebenarnya bukan rehat, tapi memang kebetulan tidak ada uang untuk lanjut  ke era PS3. Hahahahaha. Untungnya, saya tidak kehabisan hobi, Masih ada film, buku, komik dan musik yang masih asyik untuk dinikmati.

2-3 tahun belakangan ini, saya mulai bermain video game lagi karena  komputer saya sudah diupgrade dan kakak saya memiliki ipad yang dijailbreak (ya, dijailbreak, saya agak malu mengakuinya). Sekarang, saya bukanlah pemain video game seperti dulu yang tiada hari tanpa bermain video game. Saya mulai membagi-bagi hobi saya agar ada variasinya. Untuk di komputer saja, saya baru bermain 2 video game, Batman Arkham City dan Call of Duty: Modern Warfare 3 yang keduanya merupakan video game yang mantap sekali. Saya lebih ingin memainkan video game yang kasual saja, dan ipad adalah jawabannya, khususnya mobile games. Karena sederhana saja, mobile games di ipad menyajikan pengalaman bermain yang lumayan berbeda. Walaupun dari segi teknis, mobile game masih kalah dengan video game konsol, tapi dari kesenangan bermain kurang lebih sama saja atau relatif. Di tulisan ini saya ingin membicarakan video game yang cukup menyenangkan, The Clash of Clans. Game yang cukup kasual, tapi bisa memicu emosi yang hardcore!

Kenapa bisa hardcore, itu mungkin subyektif, tapi saya jelaskan sedikit tentang mobile game ini. Mobile game keluaran developer Supercell ini bermain dengan sistem strategi multiplayer. Sistem permainan ini dibagi dua bagian, bertahan dan menyerang. Anda bisa menyerang pemain lain atau anda bisa bertahan dari serangan pemain lain.

Di awal permainan, anda akan disuruh untuk membangun markas dan pasukan. Selanjutnya,  anda disuruh untuk menjalani misi yang ada, menyerang markas yang sudah tersedia dalam game. Seperti yang sudah dibilang, sejatinya game ini adalah game multiplayer jadi permainan offline game ini biasa saja. Bagian yang membuat emosi kita menjadi hardcore adalah saat kita menyerang markas milik pemain lain atau markas kita diserang oleh pemain lain. Anda akan sulit untuk berhenti bermain. Saya sendiri sudah bermain game ini kurang lebih 3 minggu, dan belum ada tanda-tnada akan berhenti. Hehe

the clash of clans

Saya sendiri belum terlalu banyak memainkan mobile game sejenis ini. Jadi saya belum bisa mengatakan apakah game ini memiliki keunikan tersendiri atau ada yang membedakan dari game sejenis. Tapi, saya bisa bilang satu hal, The Clash of Clans memiliki tampilan grafis eye candy. Game ini memiliki warna yang colorful dan cerah. Dilihat dari art direction game ini, seperti warna atau bentuk karakter yang cebol, game ini menyasar kalangan gamer remaja. Setelah saya bermain, saya menemukan banyak pemain dari berbagai usia.

Oh iya, game ini menerapkan freemium, jadi The Clash of Clans bisa didapatkan dengan gratis di App Store. Tapi, freemium ini memiliki pengaruh cukup besar untuk gameplay game ini. Inilah alasannya. Dalam game The Clash of Clans, permainan anda akan berkutat antara mengatur strategi bertahan dan menyerang dengan membangun benteng pertahanan dan pasukan. Dalam proses pembangunan ini, dibutuhkan waktu. Waktu di sini adalah benar-benar waktu. Ada detik, menit, jam dan hari. Proses pembangunan bisa memakan waktu dari 5 menit sampai 6 hari menggunakan waktu kehidupan nyata. Kita tidak hanya memikirkan strategi bertahan dan menyerang yang bagus, tapi juga manajemen waktu yang sanagat baik. Tidak perlu khawatir, waktu ini terhubung secara online, jadi anda bisa menutup game ini sampai waktu pembangunannya habis. And this is the “fun” part. Jika, di dunia nyata waktu tidak bisa dibeli, di dunia game ini, waktu bisa dibeli. Dibeli dengan apa? Dengan uang nyata tentunya.

The Clash of Clan memiliki seperti poin yang disebut Gems. Gem ini sangat sakti sekali, karena bisa membeli uang dalam dunia game, sampai waktu pembangunan juga. Ada dua cara untuk mendapatkan gem ini. pertama, dengan menyelesaikan achievement tertentu, kedua dengan membelinya memakai uang nyata. Gem ini punya pengaruh besar dalam game ini. Menurut saya, bisa sampai 80 persen. Mengapa? Karena jika anda dilahirkan sebagai anak orang kaya raya tujuh turunan, anda bisa menjadi pemain yang memiliki markas dan pasukan paling kuat dalam game ini hanya dalam kurung waktu 1 hari. Di sinilah kapitalisme benar-benar memasuki ranah bermain video game, apalagi game ini online.

Jadi, game ini bukanlah benar-benar game strategi bagi mereka yang punya uang banyak. Tapi, bagi yang ekonominya pas-pasan, mereka harus memutar otak bagaimana caranya bisa bertahan melawan pemain-pemain berduit tadi. Agak menjengkelkan juga, anda sudah bermain berhari-hari, tapi bisa digilas dengan mudah oleh pemain kaya yang baru kemarin sore main. Sialnya, saya belum kapok juga memainkan game ini. justru, jadi emosi dan ingin semakin memperkuat diri untuk membalas serangan orang-orang kaya itu. Hahahaha

Dengan menggunakan sistem ini, Supercell meraih pendapatan sekitar 1 juta dolar setiap harinya. Menjadikan game ini, game paling menguntungkan di platform iOS saat ini. Kritik saya sebenarnya, ada pada bagian gem itu, tapi melihat pendapatan dan jumlah pemain yang masih konstan, sepertinya saya hanya bisa berpindah hati ke game lain kalau saya sudah muak dengan sistem ini. jadi, kritik freemium ini saya peruntukkan untuk developer game di masa mendatang agar bisa tetap mencari untung tanpa harus mengganggu gameplay. Karena saya masih percaya, video game online yang bagus dan bisa bertahan lama jika pemainnya diisi dengan pemain yang rela banting tulang untuk menjadi yang terbaik, tidak hanya dengan uang semata.

Jadi, penilaian game ini saya bagi 3 bagian. Pertama, bagi yang tidak punya uang banyak atau tidak berniat membelanjakan uangnya dalam game ini, lebih baik cari game lain saja, karena jika tidak sabar, anda akan jengkel sendiri. Kedua, bagi kalangan ekonomi menengah, anda memiliki keasyikan sendiri dalam menyusun strategi dan manajemen waktu dalam game ini. anda juga bisa membeli gem, dalam rangka menghargai hasil kerja developer game ini. Ketiga, bagi kalangan ekonomi kelas atas, saya akan mengatakan ini, “LOE SEMUA mendingan enggak usah sering-sering mainin nih game deh. Tugas lo cuma kasih duit yang banyak buat developer game ini, biar developer game ini bisa terus berkarya. Karena gw yakin developer ini berpotensi sekali, dan LOE SEMUA yang punya uang banyak wajib membantu tumbuh kembang developer ini. Titik”.

Standard

Leave a Reply

